Selamat datang di A'Shobah.Net

Sabtu, 05 Juli 20140 comments

6 Alasan Mata Pelajaran TIK Di Hapus

Tanggal : 02-73-2014 19:51, dibaca 99 kali.


1. Sumber kemorosotan moral
Keberadaaan peralatan komputer yang dipakai siswa disinyalir menjadi salah satu pemicu berbagai kasus moral yang mengemuka di media masa akhir-akhir ini, seperti perustiwa tawuran pelajar, merebaknya seks bebas dan kecanduan game online.
2. Tenaga pengajar yang tidak kompeten secara akademis
Sudah menjadi rahasia umum bahwa guru TIK datang dari berbagai latar belakang pendidikan akademis. Ada yang lulusan SLTA, atau Dploma, SE, SH, bahkan sarjana pertanian atau kimia.
Selain ini tidak adanya perguruan tinggi jurusan pendidikan TIK membuat mata pelajaran ini menjadi mata pelajaran tidak memiliki satupun lulusan memenuhi standar kelulusan akademis.
3. Sulit menyusun kurikulum yang tepat
Kalau ditelaah bahwa Kurikulum mata pelajaran TIK cenderung stagnat, alias belum diseuaikan dengan arus percepatan TIK. Contoh, Microsoft Office masih versi 2003, sekarang sudah versi 2013, dan memang selalu menjadi polemik dikalangan pendidik. Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat sulit untuk menyusun kurikulum TIK yang dapat dipakai untuk jangka waktu lama. Forum MGMP yang selama ini berperan, dan terdepan sebagai wadah inovasi, terkesan mandeg.
4. Dapat dipelajari secara otodidak
Sulit dibantah bahwa rata-rata siswa mendapat pengetahuan dan keterampilan TI justru di luar sekolah, misalnya di rumah, warnet membeli buku, belajar sesame teman, tanpa bimbingan Guru atau orang yang memahami TI, terkesan sangat berbahaya. Apalagi secara psikologis, usia anak sekolah masih mencari bentuk diri atau jati diri. Sangat naïf, bahwa kompetensi TI siswa, masih Unggul dari guru-guru disekolah.
5. Penyederhanaan Kurikulum
Salah satu konsekuensi dari penyederhanaan kurikulum adalah pengurangan jumlah Mata Pelajaran dan TIK dianggap tepat untuk dihapus dari kurikulum
 6. Penguatan TIK pada/ke pelajaran lain
Dengan masih banyaknya guru yang gagap teknologi, khususnya guru mata pelajaran selain TIK, penghapusan mata pelajaran TIK menjadi sinyal kuat bahwa guru mata pelajaran apapun harus menguasai dan memanfaatkan TI dalam kegiatan pembelajaraanya.
Jadi anggapan bahwa penerapan TI hanya untuk mata pelajaran dan guru TIK saja otomatis hilang.
Lantas, apakah Kurikulum 2013 dan TIK, dapat akur, mengingat  SDM guru dalam menguasai TIK yang masih rendah ?

http://adhiwirawan.wordpress.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Belajar Ngeblog | kanahayakoe | Coretane Emye | Dzul Kifayatain | Pusat Promosi
Copyright © 2011. A'Shobah Education - All Rights Reserved Bocah Kertahayu
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger