Selamat datang di A'Shobah.Net

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MADRASAH TSANAWIYAH

Kamis, 20 Desember 20120 comments


Mata Pelajaran       :  Bahasa Arab
Kelas/Semester       :  VII/I
Waktu                     :  2 JP
Standar Kompetensi :          
Mendengarkan/ Istima’
Memahami makna dalam hiwar dan teks lisan sederhana

Kompetensi Dasar  :
·       Merespon makna dalam hiwar yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana yang meliputi  تعارف 1
·       Merespon makna dalam hiwar dan teks lisan yang menggunakan ragam bahasa sederhana yang meliputi struktur kalimat dasar:  ضمير مفرد +  علم
·       Merespon gagasan yang terdapat dalam hiwar dan teks lisan sederhana yang meliputi   تعارف 1  dengan menggunakan struktur kalimat dasar yang meliputi:  ضمير مفرد + علم

Materi Pokok :
Istima’ tentang تعارف 1  dengan menggunakan 20 mufradat baru seperti السلام عليكم- و عيكم السلام و رحمة الله- أنا – أنتَ- أنت – أهلا وسهلا- أهلا بك   dengan struktur kalimat dasar yang terdiri dari    ضمير مفرد +  علم  seperti أنا حسن – انا عائشة   dan pertanyaan   مَن أنتَ؟ -  من أين أنت؟ 

Indikator :              
·         Mendemonstrasikan  تعارف 1  sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·         Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·         Menjelaskan ragam ضمير مفرد +  علم     yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  تعارف 1  yang diperdengarkan
·         Menjelaskan makna ragam  ضمير مفرد +  علم  yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang تعارف 1   yang diperdengarkan
·         Menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  تعارف 1   dengan struktur kalimat dasar    ضمير مفرد +  علم   yang diperdengarkan
·         Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang تعارف 1 yang diperdegarkan

Metode  :  Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, tanya jawab, penugasan dan lain-lain)

Kegiatan Belajar Mengajar :
a.   Kegiatan awal/Orientasi
·         Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan  تعارف 1  yang pernah didengarnya
·         Siswa menyimak informasi yang berkaitan dengan  تعارف 1
b.   Kegiatan inti
·                  Siswa mendengarkan/menyimak hiwar/teks lisan tentang تعارف 1   yang disampaikan guru melalui kaset, VCD, atau suara guru langsung
·        Siswa mendemonstrasikan  تعارف 1 sesuai materi yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
·        Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan oleh guru dengan bimbingan guru
·         Siswa menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan dengan bimbingan guru
·         Siswa mengidentifikasi ragam ضمير مفرد +  علم  yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·         Siswa menjelaskan ragam   ضمير مفرد +  علم   yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya dengan bimbingan guru
·         Siswa mengidentifikasi makna ragam  ضمير مفرد +  علم    yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  تعارف 1   yang diperdengarkan
·         Siswa menjelaskan makna ragam  ضمير مفرد +  علم    yang terdapat dalam hiwar/teks lisan sederhana tentang  تعارف 1   yang diperdengarkan
·                  Siswa menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/ teks lisan tentang تعارف 1   yang disimaknya dengan bimbingan guru
c.   Kegiatan Akhir
o   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
v  makna kata, frase, kalimat dan seluruh hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v  Ragam ضمير مفرد +  علم   dan maknanya yang terdapat dalam hiwar atau teks lisan yang disimaknya
v  Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan yang disimaknya
·         Siswa mendemonstrasikan hiwar/teks lisan yang disimaknya
Alat dan Sumber Belajar:
·     Buku paket, perangkat pembelajaran طارق  , linguaphone, kamus, majalah, komik, koran, kaset, VCD, alat peraga, dsb.
Penilaian
a.   Bentuk tes :  Lisan, tertulis dan peragaan            
b.   Materi tes  : 
      Tes lisan tentang: 
·                  penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·         penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengar-kan
·         makna ragam ضمير مفرد +  علم  dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·         makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenaiتعارف 1   
      Tes tertulis tentang :         
·                  penguasaan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diper-dengarkan
·         penguasaan struktur dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·         makna ragam ضمير مفرد +  علم  dari materi hiwar/teks lisan yang diperdengarkan 
·         makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan mengenai تعارف 1   
·         kandungan materi hiwar/teks lisan mengenai تعارف 1   dan    ضمير مفرد +  علم
        Peragaan :     mendemonstrasikan hiwar/teks lisan tentang تعارف 1   yang disimaknya 



 Mengetahui,                                                                Guru Bidang Studi
Kepala Madrasah                                                        Bahasa Arab



_________________________                                  _________________________


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Belajar Ngeblog | kanahayakoe | Coretane Emye | Dzul Kifayatain | Pusat Promosi
Copyright © 2011. A'Shobah Education - All Rights Reserved Bocah Kertahayu
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger