Selamat datang di A'Shobah.Net

Sabtu, 05 Juli 20140 comments

Tema pengembangan kurikulum 2013 adalah dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap (tahu mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan pengetahuan (tahu apa) yang terintegrasi. Diakui dalam perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21, kini memang telah terjadi pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran. Inilah yang diantisipasi pada kurikulum 2013. Skema 1 menunjukkan pergeseran paradigma belajar abad 21yang berdasarkan ciri abad 21 dan model pembelajaran yang harus dilakukan.
iklan2-skema1
iklan2-gambar1
iklan2-gambar2
Sedang gambar 1 adalah posisi kurikulum 2013 yang terintegrasi sebagaimana tema pada pengembangan kurikulum 2013. Sudah barang tentu untuk mencapai tema itu, dibutuhkan proses pembelajaran yang mendukung kreativitas. Itu sebabnya perlu merumuskan kurikulum yang mengedepankan pengalaman personal melalui proses mengamati, menanya, menalar, dan mencoba (observation based learning) untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Di samping itu, dibiasakan bagi peserta didik untuk bekerja dalam jejaringan melalui collaborative learning. Pertanyaannya, pada pengembangan kurikulum 2013 ini, apa saja elemen kurikulum yang berubah? Empat standar dalam kurikulum meliputi standar kompetensi lulusan, proses, isi, dan standar penilaian akan berubah sebagaimana ditunjukkan dalam skema elemen perubahan.
Perubahan yang Diharapkan
Pengembangan kurikulum­­ 2013, selain untuk memberi jawaban terhadap beberapa permasalahan yang melekat pa­da kurikulum 2006, bertujuan ju­ga untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan meng­omunikasikan (mempresentasikan), apa yang di­ per­oleh atau diketahui setelah siswa menerima materi pembelaj­aran.
iklan2-skema2
Melalui pendekatan itu di­harapkan siswa kita memiliki kom­petensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang jauh lebih ba­ik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Sedikitnya ada lima entitas, masing-masing peserta didik, pendidik dan tenaga kepe­ndidikan, manajemen satuan pendidikan, Negara dan bangsa, serta masyarakat umum, yang diharapkan mengalami perubahan. Skema 2 menggam­barkan perubahan yang diharapkan pada masing-masing en­itas.
(Sumber: Kemdikbud)
Untuk memaksimalkan implementasi kurikulum 2013, silahkan akses materi yang terkait tentang kurikulum 2013 di bawah ini (dari berbagai sumber):


Bahan-bahan berikut yang dikumpulkan dari hasil Workshop dan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Dinas Pendidikan Propinsi Kep. Bangka Belitung dan LPMP Babel.
File-file berikut dalam bentuk, ppt,  pdf dan word.
A. MATERI UMUM 
1. Perubahan Mindset klik
2. Penilaian klik
3. Rasional Kurikulum 2013 klik
4. Elemen Perubahan Kurikulum 2013 klik
5. Strategi Implementasi Kurikulum 2013 klik
6. SK - KI - KD klik
7. Konsep Pendekatan Scientific klik
8. Project Based Learning klik
9. Problem Based Learning klik
10. Discovery Learning klik
11. Konsep Penilaian Autentik pada proses klik
12. Analisis Buku Guru dan Siswa klik
13. Panduan Tugas Analisis Rancangan Penilaian klik
14. Strategi Pengamatan Tayangan Video klik
15. Panduan Tugas Praktik Pembelajaran melalui Peer Teaching klik
16. Butir-Butir Penting Implementasi Kurikulum 2013 klik
17. Menyusun RPP 2013 klik
18. Tabel Konversi Nilai klik
B. Permendikbud tentang Kurikulum 2013 SMP
Standar Kompetensi Lulusan (untuk SD-MI, SMP-MTs, SMA-MA, SMK-MAK)
  • Permendikbud No. 54 Tahun 2013 Tentang SKL  >>> Klik
  • Lampiran Permendikbud No. 54 Tahun 2013 Tentang SKL (Klik)
Standar Proses (untuk SD-MI, SMP-MTs, SMA-MA, SMK-MAK)
Standar Penilaian (untuk SD-MI, SMP-MTs, SMA-MA, SMK-MAK)
KD dan Struktur Kurikulum SMP-MTs
Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru (untuk SD-MI, SMP-MTs, SMA-MA, SMK-MAK)
Implementasi Kurikulum 2013

SILABUS dan RPP SMP Kurikulum2013

Kompetensi Inti serta Kompetensi Dasar merupakan bagian dari kerangka dasar Kurikulum 2013 serta jadi rambu-rambu atau satu diantara acuan dalam penyusunan silabus serta RPP. Pengaturan format urutan Kompetensi dasar (KD), materi pokok, aktivitas evaluasi, indikator dan sebagainya dapat tersusun.

Silabus dan RPP SMP Kurikulum 2013 Terbaru Terlengkap
Rencana Sistem Evaluasi/ RPP SMP Kurikulum 2013ini berisi banyak hal yang terkait langsung dengan aktivitas belajar mengajar dalam usaha pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar di lingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Adapun di dalamRPP SMP kurikulum 2013 ini dengan cara rinci mesti memuat beberapa point, diantaranya adalah:
  • Tujuan Pembelajaran, 
  • Materi Pembelajaran, 
  • Metode Pembelajaran, 
  • Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, 
  • Sumber Belajar, dan 
  • Penilaian.

Berikut adalah Contoh Silabus SMP Kurikulum 2013 yang dapat anda ambil secara gratis:

  • Contoh Silabus SMP Kurikulum 2013 Mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, attachment
  • Contoh Silabus SMP Kurikulum 2013 Mapel PPKn, attachment
  • Contoh Silabus SMP Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia, attachment
  • Contoh Silabus SMP Kurikulum 2013 Mapel Matematika, attachment
  • Contoh Silabus SMP Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Inggris, attachment
  • Contoh Silabus SMP Kurikulum 2013 Mapel Seni Budaya, attachment
  • Contoh Silabus SMP Kurikulum 2013 Mapel Prakarya, attachment
  • Contoh Silabus SMP Kurikulum 2013 Mapel IPA, attachment
  • Contoh Silabus SMP Kurikulum 2013 Mapel IPS, attachment
  • Contoh Silabus SMP Kurikulum 2013 Mapel Penjasorkes, attachment

Contoh RPP Kurikulum 2013 untuk SMP

semoga bermanfaat....
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Belajar Ngeblog | kanahayakoe | Coretane Emye | Dzul Kifayatain | Pusat Promosi
Copyright © 2011. A'Shobah Education - All Rights Reserved Bocah Kertahayu
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger